Wakil Gubernur Menghadiri Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2019

Jakarta, Sabtu (24/8/2019)

Keprihatinan dan kegundahan Wakil Gubernur Sumatera Barat H. Nasrul Abit tercurah  pada pidatonya di depan perantau minang di saat pembukaan acara Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2019,di area Masjid Agung Al-Azhar Jakarta Selatan. Dengan adanya  perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap kaum muda mudi di kampung halaman maupun di perantauan. Degredasi moral dan tatanan budaya adat Minangkabau yang seharusnya di lestarikan  oleh generasi penerus saat ini pun semakin pudar. Sumatera Barat saat ini perkembangan kasus narkoba sangat meningkat, untuk itu Wakil Gubernur berharap bagi muda  mudi perantau bisa memberi pelajaran dan himbauan kepada teman teman di kampung halaman bahwasanya Narkoba sangatlah berbahaya dan merusak masa depan. Di samping itu harapan Wakil Gubernur kepada pemuda dan tokoh masyarakat serta ninik mamak , Datuk Datuk dapat juga menjaga anak kemenakan di rantau maupun di kampung halaman. Sumbang pemikiran dan tenaga untuk saling asah asih asuh terhadap anak kemenakan hendaknya di tingkatkan, agar perkembangan generasi penerus Minangkabau tetap selalu terjaga dengan baiik. Menjaga tatakrama,  sopan santun  adat Minangkabau, Adat salingka Nagari indak lakang dek paneh indak lapuk dek hujan,  pepatah lama ini juga adat turun temurun yang harus kita lestarikan untuk berkehidupan bermasyarakat bagi orang Minang,.

Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2019 ini adalah dalam rangka mempererat tali silahturahmi antar keluarga minang di perantauan Se-Jabotabek  atas kepedulian Komunitas Muda Mudi Minangkabau, Generasi Milineal Minang Se-Jabotabek. Festival ini  akan berlangsung pada tanggal 24 -25 Agustus 2019 di Area Masjid Agung Al-Azhar Jakarta Selatan. Selama dua hari itu acara dimulai pukul 09.00 – 21.00 Wib. Dalam pembukaan Acara tersebut juga di hadiri oleh Ikatan Keluarga Minang, Ikatan Mahasiswa Minang, Paguyuban, Tokoh Minang, Seniman, Gebuminang dan warga Perantau Minang serta Indo Jalito Peduli. Antusiasnya Seluruh Elemen Perantau yang hadir dan ikut serta dalam festival  ini sangat di Apresiasi oleh Wakil Gubernur H.Nasrul Abit beserta Ibu Hj. Wartawati yang didampingi langsung oleh Kepala Badan Penghubung Propinsi Sumatera Barat Andre Setiawan S.STP,MPA.

Acara Festivai ini akan di meriahkan oleh berbagai kesenian khas minangkabau seperti Randai, silek Tuo Minang, dendang Saluang, Rabab Darek serta tarian 3 Luhak dan lain lain. Selain itu ada juga Talkshow Wirausahawan/Saudagar Minang, di samping itu juga akan menampilkan Seniman dan artis minang  serta berbagai Kuliner Minangkabau. (EF PHB)

Post Author: Efriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *