Wagub Sumbar Tinjau Perbatasan Antisipasi Virus Corona Masuk Sumbar

Jakarta 20/03/2020- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mendadak meninjau pengawasan antisipasi masuknya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di daerah perbatasan Provinsi Riau dengan Sumatera Barat.

Walaupun hujan tidak mengurangi Wagub Sumbar melaksanakan tanggungjawabnya untuk melindungi warganya, agar terhindar dari virus Corona. Langkah ini dilakukan yang pertama kali oleh wagub di sekitar flyover Kelok Sembilan, Jum’at (20/3/2020).

Pengawasan ini percepatan penanganan virus Corona di daerah perbatasan untuk mencegah masuknya virus corona ke wilayah Sumbar. Bersama tim dari BPBD, Dinas Kesehatan dan Satpol PP Sumbar dan petugas dalam sebuah tim gugus tugas penanganan COVID-19 di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kegiatan ini kita lakukan mengawasi semua pergerakan virus Corona yang akan masuk ke Sumbar. Dengan mengawasi masyarakat kita yang dari Pekanbaru ke Sumbar dibawah pengawasan tim gugus tugas penanganan COVID-19,” kata Nasrul Abit.

“Alhamdulillah, Kabupaten Limapuluh Kota sudah siap semua, musah-mudahan dengan adanya kewaspadaan seperti ini, tidak ada corona yang masuk ke Sumbar,” ucapnya.

Dibantu dengan Dinas Perhubungan dan Satpol PP setiap kendaraan yang melintas dari Pekanbaru, satu persatu diberhentikan untuk diperiksa suhu badannya dengan menggunakan thermometer gun. Menggunakan masker dan sarung tangan khusus Nasrul Abit memeriksa sopir dan penumpang yang melintas kelok sembilan tersebut.

“Kalau ada yang masuk kewilayah Sumbar suhu badannya di atas 38 derajat celcius, kita langsung ambil tidakan dengan mengisolasinya. Kita sudah persiapkan semuanya, ambulance dan tim medis sudah siaga untuk membawa pasien ke RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi,” jelasnya.

Walaupun hujan masih menguyur Nasrul Abit ikut juga mengentikan kendaraan untuk keselamatan warga Sumbar. “Ini semua kita lakukan, agar corona tidak masuk ke wilayah Sumbar,” ujar Nasrul Abit.

Selanjutnya pukul 19.30 WIB rombongan Wagub Sumbar menuju kota Payakumbuh, juga melakukan pemeriksaan setiap kendaraan yang berasal dari luar Sumbar melintas di Kota Payakumbuh.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan di dua tempat, semuanya rata-rata suhu badannya sekitar 35 sampai 36 derajat celcius. Kalaupun nanti ada di atas 36 derajat celcius, kita sudah siap,” imbuhnya.

Lebih lanjut Wagub Sumbar selain berikan apresiasi para petugas. Ia juga berharap disetiap perbatasan dapat memyediakan posko COVID-19 untuk menjadi pusat pelayanan informasi tentang perkembangan virus corona di Sumatera Barat. Posko tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat serta instansi yang membutuhkan informasi dan cara penanganan wabah virus corona.

“Mudah-mudahan virus corona cepat hilang dari muka bumi ini,” tambahnya.

Post Author: admin

admin