Sumbar kembali Raih Innovative Government Award 2019

Selasa, 8 Agustus 2019

Sumatera Barat kembali meraih penghargaan sebagai propinsi Terinovatif bersama lima propinsi lainya, pemberian penghargaan ini diberikan dalam acara puncak anugrah “innovative Government Award 2019” di Hotel Borobudur jalan lapangan Banteng Selatan Jakarta Pusat Tadi malam. Senin (7/10/2019). Pemberian penghargaan ini langsung diberikan kepada Kepala Pemerintah Daerah propinsi Sumatera Barat H. Irwan Prayitno yang di serahkan oleh Mentri Dalam Negri (Mendagri)Tjahjo Kumolo.

Dalam Acara ini turut hadir Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo serta Kepala beberapa Daerah Kabupaten Kota yang juga turut menerima penghargaan dalam inovasi serta terobosan kepemerintahan di kabupaten kota.

Pemberian Innovatif Government Award 2019 ini merupakan amanat UU no 23 thn 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang dijabarkan lebih lanjut melalui Peraturan pemerintah (PP) no 38 thn 2017 Tentang Inovasi Daerah melalui secara tekhnis di atur Permendagri no 104 thn 2018 tentang penilaian dan pemberian penghargaan dan atau Insentif Inovatif Daerah. Pemberian penghargaan ini juga merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh BPP Kemendagri sebagai leading sektor Inovasi penyelenggara Pemerintahan daerah yang berkolaborasi dengan kementrian lembaga terkait yang juga menangani Inovasi daerah.

Dalam pidatonya mentri dalam negri mengatakan di tahun  ini ada kemajuan dibanding tahun lalu, di tingkat propinsi masih sama, namun di tingkat kabupaten kota banyak muncul daerah daerah baru yang menerima penghargaan. Visi inovasi daerah kedepan harus dapat mewarnai gerakan pembangunan di Indonesia , filosi inovasi di pemerintah daerah yang dapat memangkas biaya, juga memangkas saluran birokrasi yang panjang harus terwujud lebih cepat,visi inovasi juga harus dilakukan dengan inovatif, oleh karena itu kita harus mewujudkan inovasi di daerah indonesia baik lahir di Pemerintah daerah maupun dari Pemerintah Pusat harus menjadi ‘samart Joker Man’  Harapan kedepan agar daerah lain ikut menampilkan inovasi inovasi baru yang mana masih banyak penghargaan lain yang masih dapat di raih jelas Tjahjo Kumolo. (Ef PHB)

Post Author: Efriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *