Persiapan MTQ Nasional ke-28 di Sumatera Barat dimasa Pandemi

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, menegaskan Pemprov Sumbar siap menjadi tuan rumah MTQ Nasional Ke-28 yang akan digelar pada 12-21 November 2020 di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman. Irwan menjelaskan, terpilihnya Sumbar merupakan amanah dari Kementerian Agama (Kemenang) RI, yang agendanya berlangsung setiap dua tahun sekali yang tempatnya berganti-ganti dari provinsi ke provinsi. “Pada tahun 2018 MTQ ke-27 di Medan, kami diberi SK oleh Menteri Agama untuk menyelenggarakan MTQ yang ke-28. Putusan ini tentunya juga berdasarkan seleksi ketat dengan berbagai pertimbangan, terpilihnya Sumbar, setelah sebanyak 45 provinsi mengajukan diri sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke-28.

Namun demikian, kata dia, setelah tim Kemenag melakukan survei dan penilaian ke setiap provinsi yang mengajukan dengan berbagai indikator, seperti kesiapan tempat acara, hotel, anggaran, fasilitas pendukung dan lainnya. Akhirnya, Sumbar terpilih menjadi tuan rumah karena dianggap memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk agenda dua tahun tersebut. “Saat penunjukkan di tahun 2018, kondisinya saat itu belum pandemi seperti ini. Namun, apapun kondisinya kami siap melaksanakan amanah yang diberikan untuk menggelar dan mensukseskan agenda MTQ Nasional ke-28 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” tegas Irwan

Gubernur Sumbar juga mengatakan bahwa semua yang terlibat dalam kegiatan tersebut wajib melakukan swab tes untuk memutus rantai COVID-19 sekaligus mencegah munculnya cluster baru. “Siapapun yang terlibat wajib swab tes, mulai dari sopir, panitia, peserta dan juri. Kami ingin semua panitia, peserta, dan tamu undangan yang hadir terhindar dari COVID-19 sehingga semuanya berjalan aman, lancar dan sesuai harapan,” tandasnya.

Post Author: admin

admin