PEMBANGUNAN DAERAH KEPULAUAN TERTUANG DI MUNAS APSSI 2019

Jakarta, 26/11/2019

Hasil Munas APPSI (Asosiasi Pemerintah Propinsi Seluruh Indonesia) tahun 2019 yang digelar di Ball room Flores hotel Borobudur jakarta pusat, tahun ini terpilih sosok Anis Baswedan Gubernur DKI periode 2019 -2023. Pemilihan Ketua APPSI kali ini cukup berkesan karena berkompetisinya Tiga Gubernur seperti Gubernur DKI, Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Nur. Pemilihan secara Voting dimenangkan oleh Gubernur DKI dengan meraih 13 Suara, dan disusul 9 Sura yang dikantongi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, selebihnya di susul oleh Gubernur Kalimantan Timur.

Pada Munas tersebut yang dipimpin oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, yang paling sangat kompleks adalah masalah pembangunan Infrastruktur yang Kurang merata . Salah satu Program prioritas yang di usulkan oleh sebagian besar Gubernur yang hadir adalah soal perhitungan kawasan di Indonesia Timur, Khususnya soal Alokasi Pembangunan bagi Daerah Kepulauan.

Salah satu yang diusulkan oleh sebagian besar sebagian besar terutama dari kawasan Indonesia Timur adalah tentang variabel untuk menghitung alokasi pembangunan bagi daerah kepulauan. Mereka mengeluhkan bahwa selama ini cara penghitungannya bias daratan, ukuran wilayah misalnya, dihitungnya ukuran daratan bagi kawasan-kawasan yang kepulauan dan penduduknya sedikit akhirnya kecepatan pembangunnya jadi rendah karena jumlah penduduknya tidak banyak, bentuknya kepulauan.

Kemudian, APPSI periode 2019 -2023 memasukan penyusunan format baru tentang rumus variabel penghitungan alokasi pembangunan daerah untuk ditawarkan kepada pemerintah pusat sebagai salah satu program kerja APPSI. (Ef PHB)

Post Author: Efriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *