Mentawai Tattoo Festival 2019 di Anjungan Sumatera Barat TMII

Mentawai Tattoo Festival 2019 merupakan kegiatan yang digagas oleh kaum muda Mentawai yang terdiri dari Komunitas Sitasimattaoi (Seniman Tato Mentawai), bekerjasama dengan Koordinator Rumah Adat Mentawai di Jakarta. Kegiatan ini diadakan mulai tanggal 15 Oktober sampai 20 Oktober 2019.

Selama pelaksanaan kegiatan, tidak ada sponsor khusus untuk mendukung kegiatan ini. Padahal, kegiatan ini merupakan kampanye penyelamatan Tato Mentawai sebagai bukti peradaban Suku Mentawai. Menurut Adi Rosa, peneliti Tato tradisional di Indonesia, Suku Mentawai sudah bertato sejak 1500-500 SM.

Tato Mentawai hanya bisa diabadikan melalui tubuh manusia. Artinya bahwa Tato Mentawai berada di ambang kepunahan. Jika para pelaku budaya atau tetua adat yang memiliki tato di tubuhnya meninggal dunia, maka tato sebagai warisan budaya Mentawai akan hilang di waktu yang sama.

Untuk itulah, kami sebagai kaum muda memiliki kekhawatiran akan hilangnya Tato Mentawai sebagai bagian dari kekayaan Budaya. Kami kau muda Mentawai memiliki visi untuk melanjutkan dan melestarikan jejak peradaban nenek moyang kami. Salah satu upaya selain kampanye tato adalah dengan mendokumentasikan motif Tato Mentawai dalam buku. Dengan penuh kesadaran, bahwa warisan budaya ini bagian dari kekayaan Indonesia, kami mengajak kita sesama pemuda Indonesia yang peduli budaya untuk ada bersama kami.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *