GUBERNUR DAN DPRD SUMBAR KEMBALI RAIH URUT PERTAMA NIRWASITA TANTRA DAN GREEN LEADERSHIP

Jakarta,Senin 21 Desember 2020

Sumatera Barat di ujung tahun ini menuai prestasi besar dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Kepemimpinanya( Gubernur dan DPRD )secara  dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Kementrian lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam hal ini memberikan penghargaan bagi kepala daerah yaitu Gubernur Propinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno sebegai sebagai Kepemimpinanya dalam merumuskan kebijakan pengembangan pembangunan guna memperbaiki Kualitas lingkungan.

Acara penganugerahan Nirwasita Tantra ini gelar hari ini Senin 21 Desember 2020 secara factual dan virtual di Arboretum Ir. Lukito Daryadi, M.sc, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta dengan mengoptimalkan protokol Covid-19, oleh Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Sumatera Barat tahun ini menempati peringkat pertama, kemudian peringkat ke dua Jawa tengah, serta Jawa Barat peringkat ke 3.

Penghargaan untuk kepala Daerah dan DPRD ini merupakan kategori Green Leadership Nirwasita Tantra.

Sementara itu Ketua DPRD Propinsi Sumatera Barat, Supardi juga menerima Piagam Penghargaan dari Mentri KLK atas keberhasilan kerjasama antar lembaga Legislatif dan Eksekutif, tanpa ada sinergi antara dua lembaga ini tentunya keberhasilan atas prestasi ini tidaklah mudah di raih.

Keberhasilan seorang kepala daerah antara lain ditopang oleh dua hal yaitu Programnya didukung oleh DPRD atau Legislatif, dan Implementasi programnya dilaksanakan oleh Birokrasi yang baik, “katanya.

Inti dari Nirwasita Tantra ini adalah sebuah fakta di lapangan berdasarkan angka-angka dan pemberiataan media dan seterusnya, yang direspon positif baik oleh Eksekutif dan dukungan Legislatif.”tambahnya.

Turut hadir di acara penganugeran tersebut Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedy Mulyadi, Ketua Tim Panelis Nirwasuta Tantra, Hariadi Kartodiharjo, dan Juga Anggota Dewan pertimbangan Penghargaan Kalpataru.

Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. Penghargaan ini dinilai berdasarkan dokumen Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD), sekarang dokumen SLHD ini berganti menjadi Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD). Penghargaan Nirwasita Tantra merupakan piala bergilir yang dikompetisikan setiap tahun bagi seluruh daerah.

Disamping penanugerahan Nirwasita Tantra Mentri LIngkungan Hidup dan Kehutanan juga menyerahkan 10 penghargaan Kalpataru kepada tokoh dan kelompok Masyarakat, Mereka merupakan sosok yang dinilai berhasil dalam pelestarian lingkungan melalui prakarsanya sendiri. Penghargaan tahun ini dibagi ke  dalam sejumlah Kategori yaitu, Perintis, Pengabdi, Penyelamat, dan Pembina, serta Penghargaan Khusus.

Untuk kelompok Pembina untuk kabupaten Kota Sumatera Barat diberikan kepada Zofrawandi dari Kabupaten Solok, dan Yal Yudian dari Kabupaten Sijunjung, juga diserahkan langsung oleh Mentri KLK. (Ef-PHB)

Post Author: Efriyanto

Efriyanto
Humas Badan Penghubung Sumatera Barat