Carnival Sulam Nareh Sumatera Barat digelar

Jakarta, Sabtu (24/8/2019)

Dekranasda Propinsi Sumatera Barat melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah melakukan pagelaran dan festival Produk unggulan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Gedung SMESCO Indonesia, pada Festival Carnival Sulam Nareh.  Produk unggulan yang berasal dari salah satu daerah Kota  Pariaman Utara Propinsi Sumatera Barat yaitu Nagari Nareh. Acara ini di buka langsung oleh Direktur Utama Smesco Indonesia oleh ibu Emilia Suhaimi di hadapan Ibu Gubernur Hj. Nevi Zuairina Irwan Prayitno dan Ibu Wakil Gubernur Hj. Wartawati Nasrul Abit Propinsi Sumatera Barat, dan juga ikut beberapa ketua Dekranasda kabupaten Sumbar. Serta turut juga hadir beberapa Organisasi Masyarakat seperti Ikatan Keluarga Minang, Saudagar Minang juga dari Kementrian Koperasi dan UKM. Untuk yang ke Tiga Kalinya Festival Sulam Nareh ini di gelar setelah Smesco Sumbar Festival dan Batik Tanah Liek, ini merupakan kebangkitan Kebudayaan Lokal Nusantara khususnya hasil karya cipta luhur masyarakat Minang yaitu Sulam Nareh.

Kebudayaan lokal sulam Nareh ini sangat variatif dan patut diperhatikan sebagai identitas Nasional khususnya Identitas Sumatera Barat, tentunya dengan kreatifitas para pengrajinnya perlu diberi ruang seluas luasnya sehingga industri kreatif lokal ini dapat meningkatkan produk produk kebudayaan Indonesia. sehingga diminati di dalam daya saing di tingkat global. Mengembangkan kebudayaan dan kekakayaan Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi nasional juga merupakan cita cita Pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang Unggul dalam berbangsa dan bernegara.

Dalam acara diaolog interaktif berikutnya di hadirkan dua pembicara yaitu Ibu Gubernur Hj. Nevi Irwan Prayitno dan Dosen Kriya Fakultas Seni Rupa dan Disain dari ITB yaitu bp. Zaini Rais. Dalam komentar yang di sampaikan ibu Nevi  ada beberapa bahkan sekitar seratus jenis sulaman yang ada di Sumatera barat, sulaman ini punya ciri dan juga karakter yang kuat dari daerah masing masing. Saya sebaga Ketua Dekranasda Propinsi Sumatera barat sangat menikmati dan menggunakan beberapa produk daerah seperti sulaman sulaman ini, ujar Nevi.

Disamping itu dalam pemaparan berikutnya Ibu Nevi Irwan Prayitno juga menyampaikan kepada para undangan bahwasanya Dekranasda Propinsi Sumbar selalu mendukung segala kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM untuk mengadakan pembinaaan, pelatihan, pemasaran kepada pelaku industri atau Binaan untuk serta ikut meningkatkan Produksi dan hasil pemasaran demi pencapaian ekonomi masyarakat yang kuat. Karenanya itu Sulaman Nareh ini merupakan kerajinan nasional yang di produksi turun temurun dengan hasil motif yang rapih dan detail meskipun kerajinan ini dibuat secara manual. (EF PHB)

Post Author: Efriyanto

Efriyanto
Humas Badan Penghubung Sumatera Barat

1 thought on “Carnival Sulam Nareh Sumatera Barat digelar

    Avatar

    Nank suhe

    (24 Agustus 2019 - 4:04 pm)

    Mantap luar biasa.semoga aja kedepan pemerintah sumbar lebih mengedapankan usaha kecl dan mendorong menjdi industri yg sngat bermampaatt buat sumbar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *