kpenghubung_sumbar@yahoo.co.id
Jl.Matraman Raya No 19. Lantai 4- Jakarta Timur
blog-img

Menkominfo Mendukung Penuh Pembangunan TIK di Sumbar

Efriyanto | 23/06/2021 | pemerintahan

Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi Audiensi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika RI

Sampai hari ini jam 7:47 WIB pendaftaran peserta PPDB online SMA dan SMK di Sumbar berjalan lancar, peserta yang sudah registrasi mencapai 48.237 orang. Kab. Kepulauan Mentawai adalah satu-satunya daerah yang belum melaksanakan PPDB secara online, hal terkendala jaringan internet yang masih belum mendukung untuk pelaksanaan PPDB secara online.

Disamping itu masih ada Nagari/desa di daerah Non 3T di Provinsi Sumatera Barat yang belum  terjangkau oleh jaringan komunikasi (internet). Sehingga hal ini juga berakibat beberapa kab/kota capaian peserta PPDB masih belum maksimal. Sehubungan dengan hal tersebut di atas Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi lakukan kunjungan untuk beraudiensi langsung dengan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate untuk bicarakan dukungan infrastruktur TIK di Provinsi Sumatera Barat, Rabu (23/6/2021).

Terkait dengan infrastruktur jaringan komunikasi di daerah 3T  yang diusulkan oleh daerah, telah dikontrakkan dengan pihak ketiga dan akan dilaksanakan pada tahun 2022.

9.000 lebih Kel/desa di daerah 3T akan segera terlayani jaringan komunikasi dan akan selesai tahun 2022. Untuk 3.500 kel/desa daerah Non 3T telah dibicarakan oleh  operator seluler dan akan dibangun secara bersama," ungkap Johnny G Plate.

Menteri yang berlatar belakang politisi ini juga sampaikan terkait 2.700 Pusat data yang dibangun oleh pemerintah daerah, hanya 3 % saja yang sesuai standar. 

Pemerintah pusat akan bangun Pusat data, yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah. Pemerintah daerah tidak perlu lagi bangun Pusat data, sehingga daerah dapat melakukan efisiensi anggaran," jelas Johnny.

Dalam rangka penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Bapak Menteri juga sampaikan, bahwa untuk mendukung smart city, perlu dilakukan: elektronik edukasi, digital ekonomi, layanan hidup yang sehat,  e-Goverment dan dalam rangka penerapan SPBE Gubernur selalu koordinasi dengan Bupati/Walikota. 

Dalam kesempatan ini Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi mengundang secara langsung menteri untuk datang ke Ranah Minang. 

Dalam rangka Rapat Koordinasi Provinsi, Kabupaten/Kota se Sumatera Barat untuk bahas Nagari/Desa blank spot, penerapan SPBE dan ducting bersama, kami mengundang pak Menteri untuk hadir di Sumatera Barat," pinta Buya Mahyeldi

Dalam kunjungan ini Gubernur Sumatera Barat, didampingi oleh Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Kominfotik Provinsi Sumatera Barat.(Is/MMC)

Bagikan Ke:

Populer