Anjungan Sumatera Barat TMII di serbu pengunjung

Jakarta. 11 agustus 2019.//
Kesenian talempong Unggan dari kabupaten Muaro Sijunjung Sumatera Barat merupakan kesenian daerah yang sangat populer di kalangan masyarakat Sijunjung. Group tari ini di pimpin langsung oleh Bpk Anwar Majo Sutan dari group Bintang Harapan. Penampilan tari ini mengawali Pembukaan Pekan Adul Adha 1440 H yang di laksanakan oleh Badan Penghubung Propinsi Sumatera Barat, dan Kegiatan ini berlangsung di Anjungan Propinsi Sumatera Barat yang berada di Taman mini Indonesia Indah (TMII).
Pada kesempatan itu di sela sela acara tersebut Kepala Badan penghubung Propinsi Sumatera Barat Bp. Andre Setiawan S.STP.MPA. menyampaikan ini merupakan even tahunan yang diadakan oleh Taman Mini setiap hari libur besar. Disamping itu juga ikut menyemarakan kegiatan hiburan lebaran Idul Adha 1440 H yang jatuh pada hari Minggu ini 11/8/18. Kita tdk hanya mengisi acara seperti hiburan menyanyi, pengenalan baju adat dan lainnya. akan tetapi memunculkan kembali tradisi lama yg tidak muncul karena mulai pudar dengan perkembangan zaman.
Harapan Andre, seluruh kabupaten kota dapat memanfaatkan Anjungan Taman Mini ini sebagai alat promosi daerah. Juga perantau yang berada di seluruh nusantara dapat memaksimalkan tempat ini sebagai tempat silahturahmi. dengan adanya rasa memiliki anjungan ini di setiap perantau, maka fasilitas ini sangat bermanfaat bagi perantau yang ingin menggunakan anjungan sebagai media transformasi edukasi adat istiadat bagi generasi penerus.
Semaraknya kegiatan ini juga di ramaikan oleh para perantau yang datang dari daerah Lampung, kalimantan ,Sulawesi dan beberapa propinsi daerah indonesia bagian tengah dan timur.
Dari beberapa Anjungan yang melaksanakan kegiatan ini, anjungan propinsi Sumatera Barat cukup menarik perhatian pengunjung Taman Mini Indonesia indah, banyak pengunjung dari luar daerah lainya yang lewat menyempatkan diri mampir ke anjungan untuk menyaksikan beberapa pertunjukan kesenian Sumatera Barat. Hal ini membuat Andre enggan beranjak dari kursi dan sangat antusias untuk ikut meramaikan acara sehari penuh.
Kasi Promosi dan Investasi pada Badan penghubung Propinsi Sumatera Barat yang sebagai kepala Anjungan Bp. Desramadanus, S. Sos. Penyiapan tempat dan pelaksanaan ini sangat terprogram dan sudah kita rencanakan dalam kegiatan tahunan. Juga di sampaikan dalam pelaksanaanya, anjungan juga melaksanakan Bazar Kuliner selama pekan ini ujar pak Ad pangilan sehari2 di anjungan. // (EF PHB)

Post Author: Efriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *