Temu Perantau Muda Minang di Tiga Kota, Badan Penghubung Provinsi Sumbar Jalankan Fungsi Pembinaan Generasi Muda

| 214 | Admin

Temu Perantau Muda Minang di Tiga Kota, Badan Penghubung Provinsi Sumbar Jalankan Fungsi Pembinaan Generasi Muda

Selain Tugas dan Fungsi urusan Pemerintah Daerah yang berada di luar Sumatera Barat, Badan Penghubung Provinsi Sumtera Barat juga merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjalani tugas dan fungsi dalam pelayanan kelembagaan Aparatur Negara dan Masyarakat antara lain adalah menjalankan fungsinya dalam Pembinaan Generasi Muda Perantau Sumatera Barat yang ada di beberapa Daerah.

Badan Penghubung yang dinahkodai Oleh Aschari Cahyaditama, S.STP, M.Soc.Sc, Ph.D Pada tahun ini melakukan program Pembinaan Generasi Muda di berbagai Propinsi di antaranya melaksanakan sosialisasi program pemerintah daerah melalui pembinaan generasi muda-mudi di tiga kota pelajar yang banyak diminati oleh pelajar-pelajar asal Sumatera Barat dengan tujuan untuk melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi seperti Yogyakarta, Semarang dan Malang. Tidak hanya di tiga kota tersebut namun pada akhir tahun nanti juga akan melakukan pembinaan di Kota Bogor dan Bandung. 

Pembinaan Generasi Muda Perantau Sumatera Barat tahun ini dilaksanakan di Kota semarang Jawa Tengah pada Sabtu, 8 Juni 2024 di hotel Novotel. Turut hadir pada acara itu Kadinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat Nizam Muluh, M.Si. Kadinas Pendidikan Sumatera barat yang di wakili oleh Drs.Prima Yunaldi, MM. juga di hadiri oleh Ketua IKM Semarang AKP Ben Aras, S.Sos, MH. Sekertaris IKMS Aidil Syafri Rajo Endah. Ketua dan Pengurus IKAMI Semarang. Peserta dalam kegiatan tersebut sangat diminati oleh Generasi Muda dan mahasiswa serta Pelajar yang berada sekitar Kota Semarang dan sekitarnya dengan melihat kehadiranya, diantaranya Mahasiswa yang berasal Universitas Diponegoro, Universitan Negri Semarang, UIN Walisongo Semarang, Universitas Muhamadyah Semarang, Universitas Wahid Hasyim Semarang, dan lain lain.

Aschari Cahyaditama dalam Hal ini mewakili Gubernur Sumatera Barat yang awalnya akan di buka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat karena dalam waktu bersamaan sedang berada di Kupang NTT, dalam sambutan Pembukaan Acara tersebut menyampaikan, berharap melalui program dan kegiatan ini dapat membantu mahasiswa/mahasiswi asal Sumatera Barat agar mempunyai bekal kemampuan sebagai duta daerah dalam rangka mempromosikan daerah dan kami juga berharap mahasiswa/wi dapat lulus sebagai Sarjana yang tangguh untuk berkompetisi dalam merebut peluang pekerjaan baik yang ingin kembali mengabdi di daerah, mambangun kampuang atau mencari peluang di Tingkat nasional maupun kancah internasional.

Sebagai wakil dari pemerintah daerah, tentunya kami sangat bangga bahwa banyak generasi muda Sumatera Barat yang menuntut ilmu di kota Semarang ini. Hal ini membuktikan salah satu filosofi Minangkabau: “karakok madang di hulu, babuah babungo balun, marantau bujang dahulu, dikampuang paguno balun” Dimana merautau yang dilakukan pada usia muda sebagai kebiasaan masyarakat Minangkabau merupakan gerbang yang harus dilalui untuk menjadi orang sukses yang sudah dimulai oleh pendahulu kita seperti Bung Hatta, Buya Hamka, Sultan Syahril dan Tokoh-tokoh asal Sumatera Barat lainnya.” Kata Bang Ari” sapaan akrab teman2 sejawat.

Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumbar Nizam Muluh, M.Si. dalam paparanya menyampaikan peluang kerja saat ini masih didominasi oleh sektor Perdagangan dan Pertanian dalam penyerapan tenaga kerja, sementara tingkat pengguran terbuka (TPT) menurun sampai akhir Desembar tahun 2023. Untuk itu para tenaga pencari kerja dapat melihat peluang peluang yang mendapatkan pekerjaan yang layak. Antusiasme peserta banyak tertuju pada pemaparan peluang kerja yang disampaiakan oleh Kadinas Tenaga kerja dan Transmigrasi, terlihat pada sesi tanya jawab peserta banyak yang meluangkan waktu untuk bertanya. (Ef-phb)

.

Admin.