Rapat Koordinasi Nasional Forikan bertemakan 'Ikan Untuk Generasi Emas'

| 574 | Administrator

Rapat Koordinasi Nasional Forikan bertemakan 'Ikan Untuk Generasi Emas'

Wakil Ketua TP PKK sekaligus Wakil Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sumatera Barat (Sumbar), Ny. Hj. dr. Fitria Amalia Audy, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Forikan bertemakan 'Ikan Untuk Generasi Emas' di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Senin (20/11/2023).

Rakornas Forikan dibuka istri Menteri Kelautan dan Perikanan, Ernawati Trenggono. Dalam sambutannya Ernawati Trenggono menyampaikan sampai saat ini, stunting masih menjadi isu prioritas nasional. Sesuai dengan arahan Presiden RI dalam Perpres Nomor 72 tahun 2021 tentang Prioritas Percepatan Penurunan Stunting, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memiliki peran dan tanggung jawab untuk turut meningkatkan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga, dan masyarakat.

Presiden menargetkan angka prevalensi stunting tahun 2024 dibawah 14 persen, sehingga KKP perlu menyusun langkah-langkah strategis guna menyiapkan dukungan yang efektif dan memastikan kesiapan ikan sebagai salah satu sumber protein utama nasional.

"Tentu KKP tidak dapat melakukan semuanya sendiri, diperlukan kerjasama dan partisipasi dari semua pihak baik dari pemerintahan, akademisi, pelaku usaha hingga organisasi sosial kemasyarakatan termasuk Forum Peningkatan Konsumsi Ikan atau Forikan," jelasnya.

Forum Peningkatan Konsumsi Ikan merupakan wadah bagi semua pihak untuk bergerak bersama dan bersinergi dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan nasional demi terciptanya generasi emas sebagai penerus bangsa. Hal ini sejalan dengan tema rakornas Forikan kali ini. 

Forikan tidak hanya ada di tingkat pusat, namun juga di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, bahkan dibeberapa daerah Forikan dibentuk hingga level kecamatan dan desa. 

Mengingat struktur keanggotaan Forikan juga menggandeng Ibu-Ibu Kepala Daerah, melibatkan lintas instansi dan profesi, sehingga besar harapan, Forikan dapat memiliki jangkauan dan akses yang lebih luas dan flexible dalam memantau kondisi sosial ekonomi masyarakat daerah setempat serta memiliki program kerja yang sejalan dengan target pembangunan di daerah.  

Generasi emas dan masyarakat yang produktif perlu dipersiapkan dengan baik oleh seluruh komponen bangsa antara lain melalui asupan pangan bergizi baik bagi ibu hamil, anak anak, dan seluruh lapisan masyarakat. 

“Kami berharap dengan terselenggaranya Rakornas Forikan tahun 2023 dapat menguatkan peran Forikan baik pusat maupun daerah dalam menciptakan generasi emas,” tutupnya.

Sementara itu, Fitria Amalia Audy menyampaikan Hari Ikan Nasional (Harkannas) menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengonsumsi ikan.

"Konsumsi ikan dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dapat mencegah stunting pada anak. Jadi saya berharap di Hari Ikan Nasional dengan tema Ikan untuk generasi emas ini menjadi momentum bagi kita untuk biasakan makan ikan," kata Fitria.

Oleh sebab itu, Fitria berharap gerakan, kampanye, dan sosialisasi segala keunggulan dan kebaikan ikan sebagai sumber protein hewani utama bagi masyarakat perlu terus dilakukan.(Repost: doa/Ef.phb/Diskominfotik Sumbar) 

.

Administrator.